Senin, 15 September 2025

LIFELONG LEARNING – PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP : SUATU LATAR BELAKANG

LIFELONG LEARNING – PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP : SUATU LATAR BELAKANG



Usia tidak menghalangi seseorang untuk melakukan belajar (study) dan pembejaran (learning). Belajar (Study) memiliki fokus pada proses dalam konteks akademis, seperti mempelajari mata pelajaran tertentu atau mengambil program studi. Proses belajar yang lebih terstruktur, formal, dan biasanya terkait dengan akademis atau bidang disiplin ilmu tertentu. Proses belajar ini memiliki tujuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman dalam bidang studi tertentu.

Sedangkan pembelajaran (learning) memiliki makna yang lebih luas merujuk pada proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau pemahaman baru secara umum, tidak harus terbatas pada konteks formal. Pembelajaran memiliki fokus proses mendapatkan pengetahuan, keterampilan, atau pemahaman baru secara umum melalui berbagai pengalaman.  Pembelajaran memiliki aspek mengubah perilaku atau mengembangkan kemampuan baru, yang bisa bersifat positif dan berkelanjutan.

Dalam konteks pendidikan, belajar dan pembelajaran mempunyai peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan merupakan proses sadar, terencana, dan berkelanjutan untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh (spiritual, intelektual, emosional, dan fisik) melalui bimbingan, pengajaran, dan pelatihan agar menjadi manusia yang cakap, kritis, dan bertanggung jawab untuk menghadapi kehidupan dan memenuhi peran di masyarakat.

Belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan. Belajar dan Pembelajaran untuk mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan kualitas hidup. Pemahaman tentang konsep belajar dan pembelajaran sangat penting diketahui oleh para edukator untuk dapat membantu para peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan dan mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Tingkat keberhasilan dari belajar dan pembelajaran dilihat dari keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran, Tercapainya tujuan pembelajaran memperlihatkan keberhasilan edukator dalam menjalani proses belajar dan pembelajaran secara efektif dan efisien yang dilihat dari interaksi antara komponen pendidikan.

Proses belajar dan pembelajaram, dalam pendidikan, mengharapkan adanya perubahan perilaku peserta didik yang signifikan serta lebih baik dan benar. Perubahan perilaku dari hasil belajar dan pembelajaran memiliki sifat continue, fungsional, positif, aktif dan terarah.

Perubahan dalam proses belajar dan pembelajaran, merupakan suatu keniscayaan bagi kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Aspek-aspek perubahan sebagai suatu keniscayaan bagi manusia meliputi: konsep perubahan (sebagai suatu keniscayaan dan bagian dari takdir Allah), orientasi perubahan (menuju kebaikan dan keselamatan yang diamanahkan Tuhan), faktor penyebab perubahan (internal dan eksternal seperti penemuan baru dan interaksi sosial), serta cara mewujudkan perubahan (berusaha, bersabar, dan berbekal tekad serta komitmen spiritual).

Perubahan, dalam konteks ajaran Islam, merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan manususia dalam sepanjang hidupnya. Al-Qur'an mengajarkan bahwa perubahan adalah bagian dari takdir Allah, menjadi dasar bahwa manusialah yang harus memulai perubahan.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS Ar-Ra'd: 11).

        Dengan demikian, proses pembelajaran sepanjang hidup manusia (Lifelong learning) merupakan hal yang niscaya (tentu, pasti, atau tidak boleh tidak) dijalani oleh manusia. Tulisan artikel ini berupaya mengulas tentang konsep pembelajaran sepanjang hidup manusia (lifelong learning concepts) yang berkembang secara umum dan yang berkembang dalam khazanah Ke-Islaman.

 

Kencong, 13 September 2025

Tidak ada komentar:

LIFELONG LEARNING – PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP : SUATU LATAR BELAKANG

LIFELONG LEARNING – PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP : SUATU LATAR BELAKANG Usia tidak menghalangi seseorang untuk melakukan belajar ( study ) ...