Minggu, 11 September 2016

PEGUNUNGAN HYANG




Pegunungan Hyang bagaikan tembok pembatas yang memisahkan bagian utara dengan bagian selatan dari Pulau Jawa bagian Pojok Timur (Java’s Oosthoek) yang berjajar dari barat ke timur Pegunungan Hyang ini terletak di antara dua gunung besar di Pulau Jawa , di sisi barat terdapat Gunung Semeru dan di sisi timur terdapat Gunung Raung. Di dalam bagian Pegunungan Hyang di bagian barat terdapat komplek gunung yang dikenal selanjutnya menjadikan Pegunungan Hyang dikenal sebagai komplek Gunung Hyang – Argopuro.
Komplek Gunung Hyang Argopuro ini merupakan bagian dari rangkaian gunung berapi. Dalam rangkaian komplek Gunung Hyang Argopuro yang berada di sisi timur Gunung Lemongan (bagian dari Kabupaten Lumajang), terdapat beberapa puncak gunung di antaranya Puncak Rengganis, sedangkan Argopuro merupakan puncak tertinggi yang terdapat sebuah tugu triangulasi (tugu ketinggian).
Pegunungan Hyang ini menjadi pembatas antara beberapa kabupaten, yaitu: Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, serta Lumajang. Di dalam terdapat berbagai potensi mineralogi, natural, tanaman, hewan, serta potensi alam yang berpotensi sebagai pengembangan ekonomi dan pariwisata.
Wilayah Pegunungan Hyang merupakan lahan perkebunan yang telah dieksplorasi hasil kebun sejak berdirinya Landbouw Maatschapij Oud Djember (LMOD) yang didirikan oleh George Birnie dan kawan-kawan pada tahun 1859. Lahan Di Pegunungan Hyang berpotensi besar untuk berbagai tanaman produksi.
Landschape dari Pegunungan Pegunungan Hyang menjadi corak khas dari keberadaan wilayah Kabupaten Jember. Interaksi alam Pegunungan Hyang dengan pola kehidupan manusia membentuk budaya yang khas dari wilayah Pegunungan Hyang yang didominasi manusia yang menggantungkan kehidupannya dari keberadaan perkebunan.
Pada masa Kolonial Hindia Belanda, terdapat nama Ledeboer yang memiliki konsesi tanah seluas sepuluh ribu hektar di puncak Pegunungan Hyang. Lahan konsensi ini berada di lereng Gunung Argopuro. Di areal pegunungan Hyang yang menjadi lahan konsesinya, Ladeboer membangun lapangan terbang pribadi.
Interaksi alam dan budaya manusia di areal Pegunungan Hyang memunculkan berabagai tradisi lesan. Salah satu cerita yang menjadi tradisi lesan terkait deengan Pegunungan Hyang adalah Legenda Putri Rengganis yang menjadi penguasa di lereng Gunung Argopura yang berkembang di wilayah-wilayah yang menjadi bagian Pegunungan Hyang.

Penulis : Y. Setiyo Hadi
Jember, 11 September 2016

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...