Kamis, 28 Juni 2012

KATA PENGANTAR CAMAT KENCONG UNTUK BUKU MENJADI KOTA




Perkembangan wilayah dari masa ke masa menjadi latar belakang dari profil suatu wilayah. Profil memperlihatkan proses dan potensi yang terjadi dan ada dalam suatu wilayah.
“MENJADI KOTA: Perkembangan Awal Kencong Sebagai Kota” memperlihatkan sejarah awal dari keberadaan wilayah dan masyarakat di Kencong sekitarnya. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa wilayah Kencong menyimpan banyak “warisan budaya” yang belum banyak digali, bahkan belum terpikirkan untuk adanya pengembangan.
Apresiasi dan dukungan perlu diberikan terhadap berbagai upaya positif dalam menggali dan  mengembangkan potensi sejarah-budaya di suatu wilayah, termasu Kencong. Bentuk dukungan di antaranya mefasilitasi berbagai upaya pengkajian dan penggalian sejarah-budaya yang mempunyai nilai positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan, sejarah, budaya dan pendidikan bangsa.
Berdasar informasi dari penulis, proses penulisan sejarah Kencong dimulai atas dukungan Bapak Soegiyo dan Bapak M. Yusuf yang keduanya pernah menjabat sebagai Camat Kencong sebelum ini. Artinya, hamper lima tahun dengan keberbatasan dana proses penulisan Sejarah Kencong ini dilakukan.
Ketekunan penulis menggali sumber sejarah yang sebagian berbahasa asing (Belanda,Inggris dan Jerman) melahirkan buku “MENJADI KOTA: Perkembangan Awal Kencong Sebagai Kota” diharapkan memotivasi yang lainnya untuk menggali dan menggali terus potensi sejarah-budaya wilayah Kencong.
Ir. H. SUJONO
Pembina
NIP 19630629 198303 1 006

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...