Jumat, 26 Januari 2024

GAROEDAMUKA : Inspirasi Lambang Garuda sebagai Lambang Negara Republik Indonesia



GARUDAMUKHA MERUPAKAN LAMBANG DARI KERAJAAN KAHURIPAN PADA ERA KEPEMIMPINAN AIRLANGGA, SERTA KERAJAAN-KERAJAAN PELANJUT KAHURIPAN, YAITU PANJALU (KADIRI) DAN JENGGALA. GARUDAMUKHA INI PADA KEMUDIAN HARI MENJADI INSPIRASI DARI LAMBANG GARUDA SEBAGAI LAMBANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA.


Salah satu Arca Garuda temuan dari Jawa Timur (lokasi tepat belum teridentifikasi) menjadi koleksi Museum Nasional Republik Indonesia. Garuda yang diarcakan tersebut wajahnya menghadap ke samping seperti layaknya berbagai relief di candi-candi Jawa Timur.

Garuda yang digambarkan dalam arca tersebut menggenggam seperti kendi yang berbentuk bulat di tanngan kanannya, diduga sebagai tempat menyimpan tirtha amrta (air kehidupan, air keabadian). Garuda, dalam kisah Garudeya, dikisahkan berupaya memperoleh tirtha amrta untuk membebaskan Bundanya, Vinata yang diculik dan ditawan oleh Kadru.

Simbol Garuda dipergunakan sebagai Simbol Kenegaraan sejak era Kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh dua kerajaan penerus Airlangga yang dipimpin dua putera beserta keturunannya, yaitu: Kerajaan Panjalu (Kadiri) dan Kerajaan Jenggala. Kerajaan Panjalu / Kadiri dengan rajanya Sri Samarawijaya dan Kerajaan Jenggala di bawah kepemimpinan Mapanji Garasakan.

Lambang Kenegaraan Kahuripan era Raja Airlangga disebut Garudamukha. Airlangga dipercaya sebagai titisan Wisnu, dan Garuda adalah burung suci yang menjadi tunggangan atau wahana salah satu dewa utama dalam kepercayaan Hindu tersebut.

Penyebutan Garudamukha termaktub dalam beberapa ungkapan pada masa Airlangga, salah satunya yang berbunyi:

“Gumereh ikang gong gendhing surak umwang gumuruh kang dhwaja mawagatra garudhamukha lancana rekta kumlab munggwing umiringaken dening wadwa manunggang waji mwang gajah”.

Berarti: “Suara gong dan tembang bergemuruh terdengar menyertai barisan balatentara dan bendera dengan lencana Garudamukha berkibar diiringi oleh para prajurit yang menaiki kuda serta gajah.”

(Y.S.H / dari berbagai sumber / 26012024)

--- detil penjelasannya akan ditayangkan dalam channel YouTube : @boemipoegerchannel

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...