Senin, 22 Januari 2024

LANDSCHAP POEGAR – BOEMI POEGER SEBAGAI BAGIAN DARI JAWA BESAR (GROOT DJAVA)



Peta  yang menunjukkan keberadaan Landschap Poegar sebagai bagian dari  Groot Djava atau Java Major atau Jawa Besar merupakan bagian lembaran peta yang termuat dalam buku Beschryving van Groot Djava ofte Java Major karya Francois Valentijn yang terbit pada tahun 1726 M.  Buku Valentijn tersebut memiliki judul : Beschryving van Groot Djava, ofte Java Major, behelzende een zeer fraaje landbeschryving van dit magtig eyland, benevens een aanwyzing der landen onder den keyzer van Java, onder den koning van Bantem, onder Soerapati, en den Prins van Balamboang, behoorende, met de zaaken tot alle die vorsten betrekkelyk, en voornamentlyk een verhaal van het koningryk Jakatra, of van de landen, onder de E. Nederlandsche Maatschappy behoorende, mitsgaders een omstandige beschry ving der stadt Batavia, haare verovering, en grondvesting, benevens de levens der opperlandvoogden van Indien, yang diterbitkan di Dordrecht-Amsterdam.

 

Disebutkan dalam buku Valentijn tersebut bahwa Poegar (Landschap Poegar) berada di bagian selatan dan utara  terbentang antara (Gunung Raung) di timur dan (Gunung Semeru) di Barat yang berada dalam kuasa Soerapati yang bergelaar Radin Aria Wiranegara (Valentijn, 1726: 50-51). Batas Barat dari Landschap Poegar adalah Landschap Lodaja dan Singosarie, batas utara Passoeroewan dan Panarucan, serta batas Timur adalah Balamboangan alias Blambangan. Sedangkan kedudukan pusat yang menjadi kota dari Landschap Poegar adalah Stad Poegar (Kota Puger).

 

Landschap Poegar ini kemudian diterjemahkan sebagai BOEMI POEGER. Keberadaan Boemi Poeger sebagai bagian dari wilayah Jawa Besar (Pulau Jawa) terungkap dari sumber primer salah satunya catatan Valentijn 1726 yang kemudian dituangkan dalam kartografinya yang cakupan wilayahnya antara bagian timur Gunung Semeru dan bagian barat Gunung Raung dengan batasan sebelah timur adalah Balambongan / Blambangan, sebelah utara Passarowan dan Panarukan, bagian barat Lodaja dan Singasari, dan bagian selatan adalah Lautan India (Hindia Ocean) yang terdapat Pulau Nusa Barong.

 

Story Line – Boemi Poeger (SL-BP, 001)

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...