Selasa, 03 Juli 2012

Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong

  1. 1. Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong
Tepatnya tanggal 14 Maret 1985, Madrasah Tsanawiyah Wonorejo Kencong (MTs Asy-Syafi’iyah) dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar bersama Madrasah Tsanawiyah yang lain yaitu 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah di Jawa Timur yang dikelola Oleh Departemen Agama (Depag) se-Jawa Timur diusulkan untuk membuka kelas 1 Madrasah filial dari MTs Negerh Jember 3 Tanggul. Pengusulan itu dirujukkan kepaa Binbaga Islam (Direktorat Jendral Binbaga Islam) dan direktur Direktorat Pembinaan Perguruan Agama Islam.
Berdasarkan surat keputusan (SK) Dirjen No.02/E/1986 pengusulan tadi mendapat tanggapan bahwa MTs Wonorejo Kencong Jember berada pada urutan ketiga yaitu MTs Negeri Rejosari kelas jauh (filial) di Balerejo Madiun, MTs Negeri Jember 3 Tanggul kelas jauh (filial) di kencong yang tepatnya di Jl. Pahlawan Timur No. 54 Kencong Jember.
Berdasarkan SK diatas. MTs Asy-Syafi’iyah perlahan-lahan berubah nama dengan Madrasah Tsanawiyah filial negeri Jember 3 Tanggul. Karena perkembangannya dan semakin banyak siswa yang masuk, maka lokal yang ada kurang memadai, akibatnya menyulitkan proses belajar mengajar di madrasah ini. Dalam keadaan yang demikian diperlukan adanya tambahan gedung untuk menstabilkan keadaan kelas.
Pada tanggal 5 Oktober 1992 dengan menunjuk pada surat No. Wm.06/01/PT.03.2/0339 dan surat no. Wm.01/PT.0312/04847/1992, maka 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah diusulkan kembali untuk dinegerikan termasuk MTs Jember 3 filial yang ada di Kencong. Untuk lebih mensyhkan Madrasah ini, maka diangkat seorang kepala madrasah dengan SK No. Wm.03/KP.003/1647/SK/1992 yang dikeluarkan pada tanggal 17 Nopember 1992, yaitu Bapak Achwan Ma’sum. Atas jerih payah beliau dan teman-teman madrsah ini semakin maju. Masa kepemimpinan Bapak Achwan Ma’sum kurang lebih hanya selama 6 tahun, pada tahun 1996 kepemimpinan kepala digantikan oleh Bapak Drs. Moh. Sholeh. Dengan perjuangan yang gigih lambat laun Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong semakin maju dan siswa bertambah lebih banyak. Kepemimpinan Bapak Sholeh sangat disenangi oleh para guru-guru dan karyawan karena kebaikan beliau, beliau memimpin Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong cukup lama yaitu mulai tahun 1996 sampai tahun akhir tahun 2004.
Pada tahun 2005 tepatnya bulan Januari kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong diganti dengan kepala sekolah yang baru yakni Bapak H.M. Ali Hasan, S.Ag. masih belum lama dalam kepemimpinannya beliau mampu membawa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong semakin maju, sarana prasana yang semakin dilengkapi dalam waktu dekat dengan mengusulkan kepemerintah terkait, akhirnya pada waktu yang tidak lama dari pengusulan itu maka turunlah bantuan yang berupa Laboratorium Bahasa yang kurang lebih bernilai Rp. 200.000.000,-, Laboratorium IPA dan Ruang perpustakaan Yang memadai.
Selanjutnya kepemimpinan MTs. Negeri Kencong mengalami pergantian lagi tepatnya pada bulan Mei 2007 dari H. M. Ali Hasan, S.Ag. kepada Drs. Syaiful Anwar, M.Pd. Melanjutkan kepemimpinan yang lama Drs. Syaiful Anwar, M.Pd.  juga terus mengembangkan sarana dan prasarana dan kurikulum di antaranya; melanjutkan pembangunan Musholla, Pengembangan IT bagi siswa dan guru, dan penyususnan KTSP Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong dll. Selanjutnya pada Januari 2010 MTs Negeri Kencong kedatangan Kepala baru yaitu Drs. Suharno, M.Pd.I. kedatangan beliau membawa dampak yang sangat positif bagi kelancaran dan kemajuan Madrasah ini kedepan, sudah banyak sesuatu yang positif yang di realisasikan oleh Drs. Suharno, M.Pd.I, beliau masih menjabat sampai sekarang.
  1. 2. Letak Geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong
Secara geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong terletak ditempat yang sangat strategis, yaitu dekat perkampungan penduduk dan areal persawahan, sehingga suasana belajar terasa nyaman dan kondusif dan jauh dari kebisingan kendaraan bermotor sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar. Disamping itu lokasinya juga mudah dijangkau oleh para siswanya.
Secara global letak geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong adalah sebagai berikut:
  1. Kampus I
Kampus I atau lebih sering disebut dengan kampus barat Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong terletak di Jl. Kartini No. 158 dan dekat Puskesmas Wonorejo. Lebih rincinya letak geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong kampus I, sebagai berikut:
1)      Sebelah utara berbatasan dengan rumah penduduk
2)      Sebelah timur berbatasan dengan rumah penduduk
3)      Sebelah selatan berbatasan dengan MI Asy-Syafi’iyah 01 dan 02 dan puskesmas Wonorejo
4)      Sebelah barat berbatasan dengan jalan desa.
  1. Kampus II
Kampus II atau sering juga disebut dengan istilah kampus timur Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong yang terletak di Jl. Panjaitan No. 02 sebelah utaranya Balai Desa Wonorejo Kencong, lebih rincinya letak geografis kampus II atau kampus timur, sebagai berikut:
1)      Sebelah utara berbatasan dengan persawahan
2)      Sebelah timur berbatasan dengan persawahan
3)      Sebelah selatan berbatasan dengan rumah penduduk
4)      Sebelah barat berbatasan dengan rumah penduduk

Letak Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong hanya berjarak + 1,5 Km dari pusat keramain yaitu kota Kencong. Tepatnya didesa Wonorejo sebelah utaranya Puskesmas dan sebelah utaranya Balai Desa Wonorejo. Disamping itu Madrasah Tsanawiyah Negeri Kencong adalah satu-satunya madrasah yang berstatus negeri di Kecamatan Kencong dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...