Kamis, 20 September 2012

Motivasi Menulis


Manusia memiliki potensi yang terkadang tidak bisa ditebak oleh akal. Penggunaan dan pemberdayaan potensi manusia merupakan inti dari hidup dan kehidupan manusia itu sendiri.

Menulis Dalam Perspekti Potensi Manusia

Dari berbagai pembahasan tentang potensi manusia dalam berbagai kesempatan, kemampuan manusia menangkapkan obyek di luar dirinya dan dalam dirinya yang kemudian diolah dalam otaknya dan selanjutnya diungkapkan secara lesan, dengan simbol-simbol dan tulisan dan perilaku menjadi potensi utama manusia yang membedakan dengan makhluk lainnya. Ini menjadi dasar mengapa manusia menulis.

Lukisan Di Gua

Simbol-simbol yang digambarkan oleh manusia purba di gua-gua menunjukkan kemampuan menulis manusia merupakan naluri / ada dalam diri manusia sebagai potensi yang dimiliki manusia. Simbol-simbol tersebut menampilkan obyek yang dilihat manusia, isi hati manusia, sarana berhubungan manusia dengan manusia, serta bentuk komunikasi manusia dengan alam sekitar dan Sang Pencipta.
Hubungan manusia dengan manusia menggunakan bahasa lesan dan simbol-simbol berupa gambar maupun tulisan. Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) ditunjang dengan kemampuan merumuskan apa yang dibicaran dalam bentuk tulisan.

Draft Tertulis Sebagai Bahan Berbicara


Menulis secara umum berupaya mendo-kumentasikan segala yang dilihat, diamati, dialami, dirasakan serta yang dipikirkan manusia untuk bisa dinikmati oleh orang lain dan dilihat di masa depan. Jadi inti dari mengapa kita menulis adalah berbagi (sharing) pengalaman, pemikiran dan pengetahuan dengan diri kita sendiri, dengan orang lain dan dengan generasi yang mendatang.

Menulis=Mengukir Peradaban
Keberadaan tulisan menjadi tolok ukur dari keberadaan peradaban dalam sejarah umat manusia. Dengan tulisan keberadaan suatu bangsa dapat dikaji dan dibahas sebagai pengetahuan dan ilmu pengetahuan.

Latihan   :
1.  Tulis segala tentang diri sendiri apa adanya (waktu 10 menit).
2.  Tulis pengalaman yang dianggap menarik apa adanya (waktu 10 menit).

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...