Minggu, 21 Oktober 2012

RESENSI BUKU : REGENTSCHAP / KABUPATEN POEGER "MEMBUKA JALAN BARU" SEJARAH JEMBER


Rp. 65.000,-
Keberadaan suatu wilayah seperti yang dilihat pada kondisi kekinian tidaklah terlepas dari proses di masa lalu saat menjadi seperti pada kekinian. Sehingga pengetahuan dan pemahaman tentang masa lalu suatu wilayah penting untuk memahami proses terjadinya sesuatu di masa kini dan di masa datang.
Refleksi, seperti hal kaca spion kendaraan, menjadi salah satu peran sejarah sebagai kaca di masa kini dan masa datang. Penulisan sejarah bukanlah sekedar sebagai proyek untuk mendapatkan keuntungan sesaat, namun merupakan proyek yang berkelanjutan dalam merekam memori kesadaran umum terhada jati diri manusia.
Perkembangan teknologi komunikasi di masa modern mempermudah untuk penelusuran sumber yang berada jauh di negeri seberang lautan. Arsip-arsip Kolonial Belanda di Negeri Belanda yang mengungkap tulisan dan dokumen tentang negeri jajahan, dengan perkembangan teknologi komunikasi internet, mudah didapat.
Arsip-arsip Kolonial Belanda, terutama peta-peta, dapat ditemukan dalam beberapa situs website pengelola arsip di Negeri Belanda. Situs website yang membantu terwujudnya tulisan ini adalah www.gahetna.nl, www.kitlv.nl, dan www.geheugenvannederland.nl.
Pengungkapan Sejarah Regentschap / Kabupaten Poeger sebagai akar dari keberadaan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadikan sumber kolonial Belanda sebagai bahan informasi terbesar. Selain berasal dari laporan-laporan jurnal resmi yang diterbitkan pemerintah Kolonial Belanda dan peta-peta (kartografi) lama menunjukkan secara jelas keberadaan Regentschap / Kabupaten Poeger antara abad 17 M sampai awal abad 19 M.
Tulisan ini berupaya mengungkap bagian periode sejarah Jember sebagai Regentschap / Kabupaten Poeger. Semoga bermanfaat dalam mengungkap masa lalu Jember, sehingga terbuka dan terang masa lalu Jember.

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...