Jumat, 12 Oktober 2012

KESALAHAN PENYEBUTAN SUMBER DAN ISI DESKRIPSI FOTO DALAM BUKU DPRD KABUPATEN JEMBER (BUKU I)

  

Isi Surat yang disampaikan kepada Sekretaris DPRD Kabupaten sebagai penanggung jawab penulisan dan penerbitan BUKU DPRD DALAM PERKEMBANGAN KABUPATEN JEMBER:

No.       : 25 / TBB – SALAM /X/ 2012
Lamp.  : 1 berkas
Hal.      : Kesalahan Isi Dan Revisi Buku DPRD

                                                                                  Kepada Yth.
Sekretaris DPRD Kab. Jember
Di Jember

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan diterbitkan dan disebarluaskannya buku DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM PERKEMBANGAN KABUPATEN JEMBER, Buku I dan Buku II, sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui jejak perjalanan DPRD Kabupaten Jember dari masa ke masa.
Namun demikian, masih terdapat kesalahan  beberapa isi foto yang ditampilkan dalam BUKU I. Kesalahan utama terjadi dalam penyebutan sumber dan deskripsi dari isi foto. Uraiannya sebagai berikut:
1.      Dokumentasi Foto No. 4.18 hal. 127 yang sumbernya dari AFTON tanpa menyebutkan sumber aslinya dan deskripsinya tidak sesuai dengan sumber awal.
Sumber awal :
2.      Dokumentasi Foto No. 4.21 hal. 130 yang sumbernya dari AFTON tanpa menyebutkan sumber aslinya dan deskripsinya tidak sesuai dengan sumber awal.
Sumber awal :
3.      Dokumentasi Foto No. 4.22 hal. 130 yang sumbernya dari AFTON tanpa menyebutkan sumber aslinya dan deskripsinya tidak sesuai dengan sumber awal.
Sumber awal :
4.      Dokumentasi Foto No. 4.30 hal. 135 yang sumbernya dari AFTON tanpa menyebutkan sumber aslinya dan deskripsinya tidak sesuai dengan sumber awal.
Sumber awal :
Selain itu, BUKU I, perlu ditambahkan keterangan tentang asal muasal pemerintahan di Kabupaten Jember. Hal yang menjadi kenyataan dan realitas yang diakui umum bahwa adanya Kadipaten (Regenschap) Poeger yang luasnya hampir sama dengan Kabupaten Jember saat ini. Ini tidak dibukukan dalam buku ini. Kami dari TBB SALAM mempunyai dan sedang melakukan penelitian tentang Kadipaten (Regentschap) Puger.
Oleh karena itu, perlu dikaji ulang dari isi DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM PERKEMBANGAN KABUPATEN JEMBER BUKU I (Satu) dengan merevisinya dan menarik dari peredaran di masyarakat untuk menghindari kesalah pahaman yang mungkin terjadi.
Demikian informasi kami sampai agar menjadi perhatiannya.

Jember, 09 Oktober 2012
Hormat Kami,
 
Y. SETIYO HADI
Ketua TBB SALAM
 
Tanggal 11 Oktober 2012 mendapat jawaban lesan dari Bapak Faroeq sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jember akan dikoordinasikan dengan panitia penyusun buku yang diketuai oleh Bapak Subadri.

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...