Senin, 18 Maret 2013

Gerakan Pemenuhan Kebutuhan Mandiri (GPK MANDIRI)



Oleh
Y. Setiyo Hadi

Bismillahirrahmanirrahiim

Gerakan Pemenuhan Kebutuhan Mandiri atau GPK MANDIRI merupakan upaya terus menerus dalam usaha self help (menolong diri sendiri) dalam mengatasi berbagai permasalahan kehidupan sebagai ikhtiar mewujudkan keadilan bagi seluruh umat manusia. Prinsip utama dari GPK MANDIRI adalah Self Help.

Setiap manusia adalah individu mandiri yang menolong dirinya sendiri (self help) dalam hubungannya dengan manusia lain (society) dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. GPK MANDIRI berorientasikan pada kemandirian individu manusia (self help) yang terikat dengan interaksi antar manusia (society) dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupnya.

GPK MANDIRI muncul di tengah permasalahan umat manusia yang berada dalam struktur dan system yang jauh dari keadilan. Yang kuat menindas yang lemah, serta kapitalisme dan liberalism mencekik leher nilai-nilai kemanusiaan.

Identifikasi permasalahan global dengan aksi local (think globally act localy) menjadi langkah awal dari GPK MANDIRI. Identifikasi permasalahan ini kemudian dilanjutkan dengan analisa permasalahan sehingga memuncul alternative berbagai pemecahan masalah. Pilihan pemecahan masalah menjadi aksi dari GPK MANDIRI.

YSH
Jember 17 March 2013

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...