Rabu, 14 Agustus 2013

Ilmu Pengetahuan atau Science


Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:The_Scientific_Universe.png

Science atau ilmu (dari bahasa Latin scientia, yang berarti "pengetahuan") adalah usaha yang sistematis membangun dan mengelola pengetahuan dalam bentuk keterangan yang dapat  diuji dan prediksi yang nyata. Pengertian lama, ilmu mengacu pada isi pengetahuan sendiri, yang dapat dijelaskan secara rasional dan dapat diterapkan secara tepat. Praktisi ilmu disebut ilmuwan atau scientist.

Zaman klasik, science dianggap sebagai pengetahuan yang erat dengan filsafat. Kemudian pada masa modern, Science dan Filsafat Alam digunakan secara spesifik dan berbeda. Abad ke-17 Masehi, filsafat alam (dikenal sebagai ilmu alam) dipandang terpisah dari filsafat.

Science di masa modern mengacu pada cara menemukan pengetahuan, tidak hanya substansi atau isi dari pengetahuan saja. Awalnya menjelaskan fenomena alam material Abad ke-17 dan 18 Masehi, seperti Newton tentang gerak, berusah merumuskan pengetahuan berkaitan dengan Hukum Alam.

Menginjak abad ke-19, science mulai mencari dan mengaitkannya dengan metode ilmiah. Metode Ilmiah merupakan cara disiplin untuk mempelajari alam, termasuk: fisika, geologi dan biologi. (Y. Setiyo Hadi Dari Berbagai Sumber).

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...