Sabtu, 17 Agustus 2013

Sumber Ilmu Pengetahuan



Ilmu Pengetahuan (sceience) didefinisikan sebagai usaha yang sistematis mendapatkan dan mengolah pengetahuan (knowledge) sehingga muncul penjelasan yang dapat diuji serta mengandung prediksi  yang nyata dan benar. Ilmu pengetahuan ibaratnya bangunan istana yang tersusun sedemikian rupa sehingga istana tersebut berfungsi sebagai istana.

Bangunan ilmu pengetahuan adalah kehidupan di alam semesta (universe) ini. Alam semesta menjadi obyek dan sumber dari ilmu pengetahuan sejak awal sejarah umat manusia. Manusia sendiri termasuk dalam bagian dari keberadaan alam semesta.

Kosmologi (cosmology), mengenai segala keteraturan (cosmos= yang teratur, lawannya chaos: yang tidak teratur), menjadi pengetahuan yang tertua dalam sejarah umat manusia di berbagai peradaban manusia. Keteraturan alam menjadi obyek pengamatan (observation) yang utama dari berbagai aktifitas manusia menyusun system pengetahuannya (science) untuk menunjang kelangsungan kehidupan.

Kosmologi dianggap sebagai usaha mendapatkan dan mengolah pengetahuan tentang alam. Bermula dari keluasan alam semesta (makrokosmos) menjadi obyek pengamatan,sampai unsure-unsur terkecil dari alam semesta (mikrokosmos) pun tidak luput dari ketertarikan manusia dalam meneliti keberadaan alam ini.

Manusia sebagai bagian dari alam semesta pun tidak luput sebagai obyek pengamatan dan penelitian dalam dunia ilmu pengetahuan. Obyek manusia memunculkan pengetahuan sejarah (history) serta ilmu kemasyarakatan (social science), juga memuncul biologi yang melihat fisik serta jasad manusia, dan psikologi yang berkonsentrasi pada kejiwaan manusia.

Sumber utama dari ilmu pengetahuan (science) adalah obyek pengamatan, yaitu alam semesta berserta isi yang termasuk manusia yang ada di dalamnya. (Y. Setiyo Hadi, 17082013).

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...