Kamis, 24 Januari 2013

Menggugat Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jember !!! (Tulisan Ketiga)


 
Jember Bagian dari Propinsi Jawa Timur

Tim Djember History Information Center
Ketua Tim : Y. Setiyo Hadi
(sekaligus Ketua Taman Baca Budaya SALAM Jember)
 

Staatsblad van Nederlandsch Indie Nomor 322 Tahun 1928 tentang Bestuurshervorming. Decentralisatie. Regentschapen. Oost Java. Aanwijzing van het regentschap Djember als zelfstandige gemeenschap. (Pembentukan Pemerintahan, Desentralisasi, Kabupaten-kabupaten, Jawa Timur. Petunjuk Kabupaten Jember sebagai pemerintahan yang berdiri sendiri) dijadikan dasar dari Hari Jadinya Pemerintahan Kabupaten Jember berdasar saat pemberlakuan staatsblad tersebut, yaitu tanggal 1 Januari 1929.
Setelah melalui kajian dari Djember History Information Center yang bernaung dalam Taman Baca Budaya (TBB) SALAM Jember melihat staatblads tersebut bukanlah semacam "akta kelahiran". Kalau akta kelahiran memperlihatkan kapan dimana seseorang lahir atau suatu tempat diawali ada.
Keberadaan staadsblad tersebut dalam konteksnya merupakan bagian dari sistem pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Sehingga kita melihatnya sebagai proses tata laksana pemerintahan di masa tersebut. Ini merupakan peraturan petunjuk bagi Kabupaten Jember sebagai pemerintahan yang berdiri sendiri (aanwijzing van het regentschap Djember als zelfstandige gemeenschap).
Peraturan tersebut (Stbld. No. 322 1928) merupakan upaya realisasi Decentralisatie Wet (Undang-undang desentralisasi) tahun 1903. Sedangkan Decentralisatie Wet 1903 merupakan amandemen dari Regeringreglement (RR) 1854.
Reglemen Reglement yang disingkat RR, yang ditetapkan pada tanggal 2 September 1854, merupakan Reglement op het beleid der regering van Nederlandsch-Indie. Peraturan ini menyatakan bahwa pemerintahan Hindia tidak mengenal desentralisasi. Hal ini karena Hindia Belanda menggunakan sistem sentralisasi.
RR 1854 memperkenalkan adanya dekonsentrasi. Wilayah Hindia Belanda dengan dekonsentrasi dibentuk wilayah administrasi yang hirarkis sebagai berikut:

·Gewest (residentie)
·Afdeling
·Distrik
·Onderdistric

Perkembangan selanjutnya, Pemerintah Belanda menetapkan Wet van Houdende Decentralisatie van het Bestuur in Nederlandsch-Indie yang lazim disebut sebagai Decentralisatie Wet yang diundangkan dalam Staatsblad Nomor 329 pada tanggal 23 Juli 1903. Inti dari Decentralisatie Wet ini merupakan amandemen dari RR 1854 yang memungkinkan adanya daerah otonom (gewest) yang memiliki kewenangan mengurus keuangan sendiri.
Selanjutnya, pada tahun 1925 muncul Wet Op De Staatsinrichting van Nederlands India yang dikeluarkan Pemerintah Belanda  dan kemudian dikenal dengan nama Indische Staatsregeling (IS) yang mulai melibatkan orang pribumi dalam pemerintahan. Aturan pelaksanaan dari Indische Staatsregeling terbagi dalam dua ordonansi, yaitu Provincies Ordonansi dan Regentschap Ordonansi.
Munculnya Staatsblad Nomor 322 Tahun 1928 sebagai Petunjuk Kabupaten Jember sebagai pemerintahan yang berdiri sendiri menjadikan Indische Staatsregeling (IS) sebagai landasan berpijak.
Awal dari Staatsblad tersebut menyatakan “… de bepaling van het eerste lid van artikel 121 der Indische Staatsregeling willende toepassen op het regentschap Djember”. Artinya: patokan yang utama mengacu pada artikel / pasal 121 Indische staatsregeling menginginkan menerapkan pada Kabupaten / regentschap Djember.
Istilah Afdeling tidaklah jauh berbeda dari segi kewilayahan dengan istilah Regentsschap. Afdeeling dan Regentschap untuk menyebut nama wilayah setingkat dengan Kabupaten

RR 1854
Staatsblad No. 322 Tahun 1938
Geweest (Residensi)
Residentie Besoeki
Afdeeling
Regentschap Djember
District
District (Kawedanan)
Onderdistrict
Onderdistrict (Kecamatan)
Desa
Desa


Jadi dari isi artikel Staatsblad Nomor 322 Tahun 1928 itu dapat dilihat bahwa Regentschap Djember merupakan penyebutan lain yang sama artinya dengan Afdeeling Djember, yang selanjutnya diterjemahkan sebagai Kabupaten Jember. Jadi terlihat bahwa Pemerintah Kabupaten Jember telah ada sebelum diundangkannya Staatsblad Nomor 322 Tahun 1928.


Lalu kapan sebenarnya Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jember? Tunggu tulisan selanjutnya ..................... he. he. He

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...