Senin, 18 Mei 2015

PENDEKATAN



Oleh Y. Setiyo Hadi
Penulis (Writer)

Pendekatan mempunyai sifat yang subyektif.  Pendapat atau pandangan awal dari diri manusia menjadi dasar dari suatu pendekatan, yang dalam bahasa Inggrisnya approach, sehingga mempunyai tingkat subyektifitas dalam hal awalnya.
Pengertian pendekatan atau approach dalam Cambridge Dictionaries Online mempunyai beberapa pengertian. Beberapa pengertian tersebut adalah

  1.  to come near or nearer to something or someone in space, time, quality, or amount : untuk medekati (atau agar lebih dekat) ke sesuatu atau seseorang dalam ruang, waktu, kualitas. Atau jumlah.
  2. to deal with something : bersepakat terhadap sesuatu.
  3. to speak to, write to, or visit someone in order to do something such as make a request or business agreement : untuk berbicara, menulis, atau mengunjungi seseorang untuk melakukan sesuatu.
  4.  a way of considering or doing something: jalan mempertimbangkan atau melakukan sesuatu.
  5. the fact of getting nearer in distance or time:  fakta mendekati jarak atau waktu.
  6. a route that leads to a place: jalur mengarah ke suatu tempat.
  7. the most similar thing to something else that is mentioned: suatu yang paling mirip dengan sesuatu yang disebutkan lainnya.
  8. an act of communicating with another person or group in order to ask for something: aksi berkomunikasi dengan orang atau kelompok lain untu meminta sesuatu.
Sudut pandang seseorang menjadi awal dari suatu pendekatan. Pendekatan lebih dari suatu proses atau upaya orang mengawali suatu tindakan atau perilaku. Hal yang dilakukan oleh orang dalam melakukan pendekatan dalam mengawali suatu langkah, perilaku, atau tindakan (a way o beginning something), yaitu:
  1.  Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai;
  2.  Mempertimbangkan dan memilih jalan dasar (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran;
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan ditempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran;
  4.  Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukut (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) dari suatu usaha.

Uraian di atas memperlihatkan bahwa pendekatan berada di awal suatu proses, sebagai input, yang menentukan hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai dalam suatu proses. Dengan demikian, pendekatan juga menentukan jalan dasar (basic way) yang harus ditempuh dalam mencapai hasil dan sasaran yang diinginkan, serta menentukan langkah-langkah (steps) dari titik awal sampai sasaran, kemudian juga berpengaruh dalam penetapan tolok ukur (criteria), patokan ukuran (standard) dan taraf keberhasilan (achievement).
Jember, 18 May 2015

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...