Selasa, 19 Mei 2015

KONSEP WAKTU SEBAGAI AWAL PENDEKATAN SEJARAH




Oleh
Y. Setiyo Hadi (Penulis)

Respon manusia dalam interaksi dengan lingkungan alam sekitarnya menghasilkan persepsi manusia tentang ruang (space) dan waktu (time). Manusia hidup di ruang alam semesta, dan di dalamnya manusia bergerak dalam kerangka interaksinya dengan unsur-unsur alam lainnya.

Gerak yang dialami oleh berbagai unsur dalam semesta, terutama manusia, muncul dari interaksi relasional antara satu unsur dengan unusur lainnnya di alam semesta.  Relasional ini memunculkan adanya jarak dalam ruang yang menghubungkan antara satu unsur dengan unsur lainnya. Antara satu jarak dengan yang lain memiliki jarak tempo untuk berubah dari satu titik ke titik yang lain.

Jarak tempo inilah yang memuncul waktu tempo yang harus dicapai dari satu titik ke titik lainnya yang menjadikan relasional antara unsur di alam semesta. Perpindahan antara satu titik ke titik lainnya di alam semesta ini memuncul apa yang dikenal dengan konsep times atau waktu atau saat. Selanjut, akan muncul tiga konsep waktu sebagai konsekuensi logis dari perpindahan dari satu titik ke titik lainnya di alam semesta, yaitu:
  1. Dulu (Past): posisi di mana sebelumnya berada pada titik tertentu dibandingnya saat berada di titik keberadaannya;
  2. Sekarang (Present) : titik di mana sedang berada;
  3. Akan Datang (Future): titik yang belum ditempati dan akan ditempati sesudah pada titik sedang berada.

Ketiga waktu ini memunculkan Konsep dari Pendekatan Sejarah. Sejarah sendiri dimaknai sebagai peristiwa (titik) yang telah terjadi di masa sebelumnya kita berada kini. Dengan memahami konsep waktu di atas menjadi awal untuk berenang lebih lanjut dalam pendekatan sejarah.

Jember 19 May 2015

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...