Selasa, 19 Mei 2015

TEKNIK PEMOTONGAN BATU AKIK (CUTTING)



Add caption


Ditulis Oleh: Y. Setiyo Hadi (Penulis / 081232299854 – sms aja terlebih dulu)

Bahan batu yang berbentuk bongkahan (rough) untuk kemudian dijadikan sebagai akik atau permata melalui proses pemotong / pembentukan serta pemolesan. Batu dipilih sesuai kualitas yang ada kemudian dilakukan pemrosesan sehingga menjadi batu mulia atau akik yang siap dipasarkan.
Dalam dunia perakikan setidaknya terdapat dua teknik dalam pembuatan dan pembentukan batu bahan menjadi akik yang siap dipasarkan. Teknik ini mengacu pada gaya dan bentuk yang dihasilkan dari proses pembuatan batu akik. Kedua teknik tersebut adalah:

1.                  Cabochon
Cabochon berasal dari kata bahasa Prancis “caboche” yang berarti kepala atau kenop atau kubah kecil. Istilah cabochon mengacu pada bentuk cutting / pemotongan dengan permukaan yang cembung dan dibagian sisi lainnya datar / rata. Bentuk umumnya dari cabochon adalah oval.  Aplikasi teknik ini menunjukkan buram.
Sesungguhnya, selain bentuk oval, dalam teknik cabochon batu bahan kemudian dibentuk seperti bulat, bagaikan tetes air, yang memiliki permukaan cembung dan sisi lainnya datar. Pemotongan “Cabs” atau cembung merupakan pemotongan yang umum dipakai.

2.                  Faceting
Faceting merupakan teknik yang memotong batu dengan berbagai sudut di sisinya. Teknik yang menghasilkan bentuk yang transparan alias tembus. Teknik yang digunakan dengan memotong batu dengan beberapa sisi sudut bagian batu.
Nilai ekonomis dari proses pemotongan faceting lebih tinggi ketimbang pemotongan teknik cabochon. Transparan atau tembus dari faceting menjadi batu yang telah diproses akan terlihat keluar kecermelangannya.
Kedua teknik ini, cabochon dan faceting, merupakan bentuk yang paling umum yang digunakan dalam dunia perakian.


SUMBER:


Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...