Selasa, 20 Oktober 2015

KUCING HUTAN – ASIAN LEOPARD CAT



Oleh Y. Setiyo Hadi
Jember, 20 Oktober 2015

KARENA MENGUNGGAH FOTO HASIL BURUAN HEWAN KUCING HUTAN SEORANG MAHASISWA JEMBER ASAL LUMAJANG HARUS BERUSAN DENGAN PIHAK KEPOLISIAN.


Foto oleh pemilik akun diberi keterangan 'Hasil berburu hari ini Nyam...nyam...'. Foto ini kemudian menjadi trend topic di media social yang alih-alih memunculkan hujatan serta protes dari Cat Lover, bahkan Pak Dhe Karwo Gubernur Jawa Timur turut menanggapi tentang perburuan Kucing Hutan ini.

Postingan perburuan kucing hutan tersebut menuai kecaman dari para pengguna media social Bahkan, postingan foto ini dicapture kemudian disebarkan secara berantai melalui BBM. Pemilik Akun tersebut, setelah ditangkap polisi, kepada wartawan mengaku menyesali perbuatannya dan dia tak tahu kalau kucing hutan hewan yang dilindungi (http://news.detik.com/berita/3047319/polisi-lepas-mahasiswi-di-jember-yang-unggah-foto-bangkai-kucing-hutan ).

Mengapa Kucing Hutan yang dilindungi undang-undang? Kucing hutan yang dikenal dengan nama local Macan Rem Rem mempunyai nama latin Felis bengalensis, serta ada pula yang menyebutnya dengan nama Macan Akar.

Kucing hutan bersarang di bawah batu-batu besar, serta memiliki ketangkasan memanjat pohon dan sering tampak di antara akar pohon. Kehidupan kucing hutan seperti inilah yang menyebabkan dia juga dikenal dengan nama Macan Akar.


Klasifikasi ilmiah Kucing Hutan:
Kerajaan: Animalia;
Filum: Chordata;
Kelas: Mamalia;
Ordo: Carnivora;
Famili: Felidae;
Genus: Felis


Kucing Hutan ini termasuk golongan karnivora alias pemakan daging. Di beberapa daerah, termasuk bagian selatan Lumajang, kucing hutan atau sering dikenal dengan nama macan rem-rem diburu masyarakat sekitar karena sering memakan ayam-ayam ternak dari warga wilayah tersebut.

Dalam dunia perkucingan dunia, kucing hutan atau macan rem-rem dikenal dengan nama yang keren yaitu ASIAN LEOPARD CAT (Felis bengalensis) yang disingkat dengan ALC, dikenal juga dengan sebutan macan rembah. Sang Asian Leopard Cat atau Kucing Tutul Asia ini merupakan kucing domestic yang mempunyai kulit yang khas belang dan kecil hidup liar.
Kucing hutan ini hidup di bagian dasar rantai makanan. Sikapnya agak pemalu dan penakut karena manusia telah memburunya selama berabad-abad.

Habitat hidup kucing hutan berasal dari Asia Selatan, Hidup di daerah pertanian, dalam hutan dan habitatnya di India Selatan kemudian melalui Bangladesh, Burma, Thailan, Malaysia, Cina, Korea, dan Timur Jauh Rusia, serta bisa ditemukan di pulau-pulau bagian selatan seperti Sumatera, Kalimantan, Bali, Jawa, Taiwan, Filipina dan pulau-pulau Sunda di Indonesia.
Kucing Hutan atau Asian Leopard Cat ini sebagai carnivira mengkonsumsi burung kecil, tikus, reptile dan serangga di alam liar. Namun juga bila dibiarkan berkeliaran di perkampungan bisa memangsa ayam ternak para penduduk.

Binaatang ini mempunyai kemampuan untuk membunuh mangsa secara langsung maupun sebelum dimakannya bermain seolah-olah mangsanya sebagai mainan. Binatang ini berburu ketika malam harinya, sedangkan siang hari dengan kemampuan memanjat yang tangkas menghabiskan hari-harinya beristirahat di cekungan pohon atau gua.


Sumber:
http://www.bengalcats.co/asian-leopard-cat-felis-bengalensis/

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...