Rabu, 14 Oktober 2015

MERIAM PUGER








Oleh: Y. Setiyo Hadi
Kencong 14 Oktober 2015

Peninggalan dari masa lalu menyisakan cerita yang menjadi identitas dari tempat atau wilayah di mana peninggalan tersebut berada.

Salah satu peninggalan masa lalu di Kota Kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur adalah sebuah meriam yang disimpan di aula kecamatan Puger. Meriam ini kesehariannya ditutupi kain merah dan dikalungi pita merah putih.

Meriam ini dikenal dengan sebutan nama Meriam sutomi atau ada yang menyebut Meriam Stoni. Belum ada penjelasan yang menerangkan asal usul dari keberadaan meriam ini, yang ada kisah-kisah mistis yang berkembang dari mulut ke mulut yang kebenarannya masih simpang siur.

Pada hari-hari tertentu, meriam ini didatangi oleh orang yang kemudian memberi sesaji serta membakar dupa di samping meriam ini.

Dalam sudut pandang cagar budaya, meriam ini merupakan benda cagar budaya yang perlu dilestarikan dan dijaga keberadaan. Dilihat dari bentuk fisiknya dan dibandingkan dengan meriam-meriam lainnya yang ada di berbagai daerah, meriam yang ada di Puger mirip sekali dengan meriam-meriam yang digunakan VOC.

Keberadaan meriam VOC berasal dari abad 17 Masehi sampai akhir abad ke 18 Masehi. Sehingga diperkirakan meriam yang ada di aula kecamatan Puger berasal antara abad ke 17 Masehi sampai abad 18 Masehi. Sejarah di Puger sendiri menunjukkan bahwa antara abad 17 Masehi sampai akhir abad ke 18 Masehi menjadi kota (capital) yang berada di pantai selatan Pojok Timur Pulau Jawa (Java’s Oosthoek).

(Pusat Informasi Cagar Budaya Boemi Poeger / PICBBP – sms 081232299854 – email:museumsalamjember@gmail.com)

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...