Senin, 27 Agustus 2012

LAYAR BERKEMBANG (PROLOG SEJARAH PUGER)


“Layar Telah Berkembang, Jangkar Telah Diangkat, Kapal Telah Menuju Lautan Luas. Pantang Kembali Ke Pelabuhan Sebelum Mendapat Ikan Yang Banyak”.

Setelah Bedah Buku “ Sejarah Puger”,  yang dilaksanakan tanggal 26 Desember 2011 di Pendopo Kecamatan Puger Kabupaten Jember, banyak masukan kritikan dan protes tentang wacana Sejarah Puger yang baru kali pertama diungkapkan dalam acara tersebut. Hal utama yang dari kritik dan protes itua adalah pertanyaan mengapa orang luar (kecamatan) Puger yang menulis Sejarah Puger?.

Dan tidak sedikit pula yang mendorong untuk terus menggali sejarah dan budaya Puger. Di balik peristiwa pasti ada hikmah yang bisa diambil untuk pelajaran di masa kini dan masa depan.

Sejarah Puger, yang digulirkan dalam acara di atas, merupakan wacana yang digulirkan kemudian menjadi dialektika sehingga muncul pro dan kontra yang positif dalam pembelajaran pada masyarakat. Tidak berhenti di sini saja, penggalian terhadap Sejarah Puger terus dilakukan.

Tulisan kali ini merupakan pengembangan dari hasil Bedah Buku Sejarah Puger di atas, baik dari hasil dalam forum maupun diluar forum setelah bedah buku tersebut. Tulisan ini menjadi bagian dari dialektika tentang perjalanan umat manusia di wilayah Puger pada khususnya dan di Kabupaten Jember pada umumnya.

Rangkaian tulisan tentang Sejarah Puger terbagi dalam lima (5) bagian yang menjadi lima buku seri Sejarah Puger. Lima bagian yang menjadi lima buku tersebut adalah
I.                   ASAL MUASAL WILAYAH PUGER DIHUNI MANUSIA
1.     Identifikasi Dan Definisi Tentang Wilayah Puger
2.     Penyebutan Nama Puger Dengan Menyajikan Peta Lama
3.     Sumber Daya Alam Wilayah Puger
4.     Penghuni Awal Wilayah Puger
5.     Sisa-sisa Masa Lalu
II.                 MANUSIA PENGHUNI WILAYAH PUGER
1.     Identifikasi Manusia Penghuni Wilayah Puger
2.     Pertumbuhan Penghuni Wilayah Puger
3.     Penyebaran Manusia Penghuni Wilayah Puger
III.              ASPEK SOSIAL WILAYAH PUGER
1.     Interaksi Sosial Di Wilayah Puger
2.     Institusi Sosial Di Wilayah Puger
3.     Konflik dan Dinamika Sosial
IV.              ASPEK BUDAYA WILAYAH PUGER
1.     Latar Belakang Budaya Masyarakat Puger
2.     Unsur-unsur Budaya Dalam Masyarakat Puger
3.     Interaksi Budaya Dalam Masyarakat Puger
V.                PEMERINTAHAN DI WILAYAH PUGER
1.     Pertumbuhan Administrasi Kewilayahan Di wilayah Puger
2.     Kuasa Yang Memerintah Di Wilayah Puger
3.     Struktur Pemerintahan Di Wilayah Puger

Kelima buku tersebut dikerjakan dengan bendera Taman Baca Budaya (TBB) SALAM JEMBER secara bertahap dan sistematis. Sehingga hasilnya nantinya adalah kumpulan buku sejumlah lima buku tentang SEJARAH PUGER. (Y. Setiyo Hadi 27082012)

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...