Kamis, 02 Agustus 2012

001 Awal Menelusur Nusantara


Nama Nusantara identik dengan nama Indonesia. Konon, wilayah-wilayah di Indonesia disebut dengan nama Nusantara.
Sumpah Palapa yang diikrarkan Gajah Mada pada tahun 1258 Saka atau 1336 Masehi, saat diangkat sebagai patih Amangkubhumi di Kerajaan Majapahit, mempopulerkan nama Nusantara sebagai suatu konsep kewilayahan tatanegara Majapahi. Isi dari Sumpah Palapa tersebut a tercatat dalam kitab Pararaton. Isinya:
“Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tañjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa”
Artinya:
Beliau, Gajah Mada sebagai patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa, Gajah Mada berkata bahwa bila telah mengalahkan (menguasai) Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa, bila telah mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa
Gajah Mada mengikrarkan Sumpah Palapa pada tahun 1336 Masehi. Pada ikrar tersebut dinyatakan wilayah Nusantara. Dengan demikian nama kewilayahan Nusantara sudah dikenal sebelum tahun 1336 Masehi.
Ini menyatakan bahwa konsep kewilayahan Nusantara telah menjadi suatu konsep kewilayahan yang  mantap dan jelas pada abad ke-14 Masehi. Kemunculan konsep ini menjadi proses kultural historis yang menjadikan kewilayahan Nusantara sebagai salah satu WILAYAH KEBUDAYAAN di dunia.
Kemunculan nama Nusantara tidak muncul begitu saja. Nama Nusantara muncul melalui proses historis yang tidak pendek. Ada tiga aspek dari proses munculnya nama Nusantara: aspek sosio kultural historis, aspek geografis, dan aspek ketatanegaraan.

Tidak ada komentar:

STORY LINE BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur – Indonesia

  Story Line BOEMI POEGER (LANDSCHAP EN REGENTSCHAP POEGER) : Wilayah Sejarah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur –...